Monday, January 9, 2017

Supir Taksi

Supir taksi keliatannya mungkin gitu aja. Cuman kalau diliat liat lagi seabis kita ngobrol sama mereka, masing-masing punya cerita yg beda-beda. Tiap gue naek taksi , gue selalu mencoba untuk mengali cerita mereka. Ada yg mulai langsung curhat, ngomongin setoran, politik, sampe dongeng sejarah yg antah berantah. Dan pernah juga cuman diem aja, ditanya jawab seperlunya. Antara
 “iya pak atau nggak pak”.  Akhirnya gue ikutan diem aja liatin argo.

Dongeng sejarah yg antah berantah mungkin salah satu terbaik. Gimana ngga, sejarah Indonesia diceritain sampe ramalan jayabaya dibawa-bawa. Ampe gue mikir nih orang bener apa ngarang terkadang beda tipis. Tapi tetep kita hargain segala omongan dia. Mau suruh diem ntar kita di suruh turun , nanggung.

Baru-baru ini gue naek taksi online. Baru naik doi udah ketawa-ketawa aja. Keliatannya seru nih orang. Bener aja ternyata doi bosen kerja di Bali, pindah ke Jakarta jadi supir taksi. Pas gue tanya dulu di Bali  kerja dimana. Doi jawab kerja di Hotel Mulia sama Bulgari. Takjub sebentar. “cuman bisa 4 bahasa doang mas” kata doi. Akhirnya arah cerita menuju cerita asmara. Pernah pacaran sama bule mas disana, pertanyaan iseng yg gue tanyain. Jawabnya cinta produk lokal mas.

Ngalor-ngidul akhirnya doi punya kisah asmara yg tragis juga. Baru kali ini gue dengerin supir taksi curhat sampe begitu dalemnya. Jadi, pernah pacaran sampe 4 tahun . Niatnya ngelamar ke kampong cewenya. Touring dari bali ke sebuah kabupaten jawa. Sempet jatuh segala di jalan. Sesampainya di kampung cewenya , orang tuanya udah setuju. Akhirnya si mas ini pulang ke bali lagi duluan. 
Ternyata berapa hari kemudian. Dapet kabar cewenya meninggal. Dan ninggalin surat yg isinya kayak udah tahu bakal ninggalin dunia.

Terhanyut juga denger masnya cerita . Gue bukan orang yg sok sok romantis apalagi gombal. Baru kali ini dengerin sampe nyimak abis cerita beginian . Dari situ kita sama sama sadar biar bagaimana yg menentukan tetap Tuhan.  

No comments:

Post a Comment